Skripsi

koran terbaru - berita seputar indonesia

koran terbaru - berita seputar indonesia


Maret, Penjualan Ford Naik 200 Persen

Posted: 07 Apr 2011 02:09 PM PDT

Fiesta, kini menjadi salah andalan Ford di Indonesia/KOMPAS.com/Zulkifli BJ

 

JAKARTA — Ford Motor Indonesia hari ini mengumumkan,  penjualannya selama Maret lalu  naik dua kali lipat atau 200 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu, yaitu 1.333 unit.

Top seller atau model andalan dengan penjualan terbanyak Ford di Indonesia adalah Ranger. Bulan penjualan pikap ini mencapai 567 unit atau naik 69 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Ford Fiesta kini menjadi andalan baru Ford sekaligus berkontribusi besar meningkatkan penjualan. Hatchback ini terjual  terjual 531 unit sekaligus membuat rekor penjualan baru sejak diluncurkan awal November lalu. Dilaporkan, penjualan mobil kompak ini di Indonesia sudah mencapai 2.500 unit.

"Ford Fiesta semakin dipercaya konsumen Indonesia. Fiesta langsung menunjukkan kelasnya sebagai salah satu pesaing potensial di segmennya. Penampilannya  yang  stylish,  paket teknologi  dan harga yang kompetitif, membuat Fiesta di sukai konsumen Indoesia,"  jelas Will Angove, Presdir FMI.

Untuk model lainnya, yaitu Everest, Escape dan Focus hanya dilaporkan naik 109 persen, 210 persen dan 78 persen. Namun Ford tidak merinci jumlah unitnya./kompas.com

Piaggio Makin Agresif di Asia

Posted: 07 Apr 2011 02:07 PM PDT

Vespa LX125, andalan Piaggio di Asia/Piaggio

 

HANOI — Produsen kendaraan roda dua asal Italia, Piaggio, makin agresif mengembangkan bisnisnya di Asia. Untuk itu, sampai 2014, Piaggio menargetkan pendapatan menembus 1 miliar euro (Rp 12,3 triliun).

Menurut Motorcyclenews kemarin, upaya pertama Piaggio mewujudkan target tersebut adalah meningkatkan kapasitas produksi di Vietnam sampai tiga kali lipat dari 100.000 unit menjadi 300.000 unit per tahun sekaligus memperluas pabrik.

Pada wilayah ini, Piaggio nantinya juga mendirikan pabrik mesin baru berkapasitas 250.000 unit per tahun serta pusat riset dan pengembangan (R&D) guna mengembangkan mesin baru yang lebih hemat dan ramah lingkungan.

Piaggio juga akan mulai mengoperasikan pabriknya dekat Hanoi, Vietnam. Sejak Juni 2009, Piaggio berhasil mencatatkan keuntungan bersih sampai tiga kali lipat menjadi 133,2 juta euro pada 2010 dari posisi 2008 yang cuma 45,2 juta euro. Pertumbuhan penjualan sepeda motor di Vietnam merupakan anugerah bagi merek Italia tersebut.

“Sekarang ini merupakan waktu yang penting bagi grup. Kami memperkuat fondasi agar menjadi salah satu pemain utama Italia di Asia,” ungkap Roberto Colaninno, Chairman dan Chief Executive Officer Piaggio Group.

Piaggio telah menyiapkan dana 150 juta euro untuk investasi di Asia antara 2011 dan 2014. Dari dana tersebut, 30 juta euro sudah direalisasikan di Vietnam dan akan ada tambahan 60 juta euro selanjutnya. Sisa 90 juta euro akan dibenamkan di India, untuk membangun pabrik baru.

Tak ada sepeser pun investasi yang masuk ke Indonesia. Piaggio sudah datang ke Indonesia dan berniat hanya memasarkan produknya yang dirakit di Vietnam mulai pertengahan 2011.

Sumber :
motorcycle

Hyundai Blue Kuadrat Bergaya Xbox 360

Posted: 07 Apr 2011 02:05 PM PDT

Hyundai Blue Kuadrat di Seoul Motor Show 2011/AP

 

SEOUL, KOMPAS.com – Sebagai ikon utama produsen mobil Korea Selatan,  Hyundai ikut berkompetisi dengan produsen mobil Jepang mengembangkan kendaraan masa depan yaitu, listrik sel bahan bakar atau juga dikenal dengan Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV).

Mobil konsep terakhir dari Hyundai yang dipamerkan saat ini di Seoul Motor Show 2011 adalah yang disebut "Blue²" (dibaca "Blue Kuadrat" atau Inggris, "Blue Square").  Atau bisa juga kita menyebutnya Blue pangkat dua!

Untuk menggerakkan mobil, Hyundai mengggunakan motor listrik 90 kW (120PS) dengan konsumsi bahan bakar 34,9 km/liter. Nama Blue Kuadara digunakan karena mobil ini juga merupakan "blue print" bagi Hyundai untuk untuk membuat sedan masa depan.

Mobil konsep ini merupakan kombinasi dari Blue-Drive dan sub-eco-brand dari Hyundai  yang menggunakan angka "2"  yang diambil dari "H2", lambang kimia hidrogen.

Konsep menarik lain dari mobil konsep ini  adalah desain interior yang disebut "intersected flow", Sekeliling bodi bagian atas Blue2 menggunakan kaca dan garis hitam cingklong. Seperti mobil konsep masa kini lain, Blue2 tidak lagi menggunakan kaca spion samping untuk mengetahui suasana di belakang mobil, tetapi diganti dengan di atas atap  mobil. Hyundai juga membanggakan sistem selamat datang yang dicangkokkan pada Blue²². Dengan sistem ini, pintu akan membuka otomatis. Sedangkan jok interior berukuran besar,  menurut insinyur Hyundai bertujuan untuk memudahkan penumpang dan pengemudi keluar-masuk kabin.

TOLED
Teknologi lain yang tak kalah menarik adalah kombinasi monitor Transparent Organic Light Emitting Diode dan (TOLED) dan kaca sekurit (tempered) sangat ringan dari  Gorilla Glass. Untuk infotaiment, dioperasikan dengan Motion Sensor Moustick atau sensor gerak seperti Xbox 360  yang merespon sentuhan dan gerakan tangan pengemudi.

Tambahan lain adalah untuk menyegarkan udara di interior dan menggunakan jok berlapiskan kulit anti-bakteri. Jadi Blue² adalah mobil cerdas, ramah lingkungan dan menjaga pengemudi dan penumpang selalu segar selama berada di interiornya!/kompas.com

 

Hyundai Blue Kuadrat dengan desain yang aerodinamis/Hyundai Motor

 

Interior Hyundai Blue Kuadrat/Hyundai Motor

 

Konsep kabin dan jok Blue Kuadrat/Hyundai Motor

 

Webber Yakin Tampil Baik di Sepang

Posted: 07 Apr 2011 02:02 PM PDT

AFP/PAUL CROCK

SEPANG – Mark Webber yakin ketika berlaga di F1 Malaysia, Minggu (9/4), dirinya tak akan mengulang penampilan buruk yang diisukannya karena mobil. Sehingga, pebalap asal Australi itu tak bisa mengimbangi rekan setimnya Sebastian Vettel yang berhasil memenangkan lomba dan memberi kepuasan kepada pendukungnya.

Ketika berlaga di sirkuit Albert Park, Webber mengakui kondisi mobilnya berada di bawah milik Vettel. Meski ia tidak secara karakteristik menyebutkannya, tapi tim sudah menemukan beberapa problem pada sasis sehingga menimbulkan perbedaan performa.

Dalam keterangan persnya hari ini di Sepang (7/4), Webber sangat berharap segala sesuatu harus lebih baik. “Ada beberapa masalah yang tidak membantu situasi, dan kami berusaha untuk tidak mengetahui lebih mendalam,” papar Webber.

Ketika didesak, apakah masalah pada kendaraannya bisa diatasi. Dengan cepat ia menjawab, “Secara total, ya.” Dan ia yakin, Red Bull Racing RB7 bisa mengulang prestasi tahun lalu. “Kendaraan kami tahun lalu telah memenangkan balapan, jadi kita akan lihat nanti.”

Disinggung soal suhu udara yang “brutal”, ia menyoroti soal daya tahan ban. Semua tim, katanya, masih buta dengan kehandalan Pirelli. “Saya tidak tahu apa yang telah mereka (Pirelli) lakukan di Istanbul (Turki) dan tempat-tempat lain. Mungkin ini situasi yang paling ekstrem yang mereka hadapi. Ia membocorkan RB7 yang katanya, kemungkinan akan memakai KERS di Sepang.

Sumber :
autosport

Maserati Pasarkan Tiga Model di India

Posted: 07 Apr 2011 02:00 PM PDT

Maserati

NEW DELHI - Maserati SpA akan memasarkan – sedikitnya – tiga modelnya di India pada Juli-Agustus dan menjadikannya produsen baru mobil premium pertama masuk ke negeri Bollywood. Prinsipal mobil asal Italia itu tertarik ke India lantaran memenuhu permintaan akan kendaraan mewah cukup bagus.

Sama seperti yang dilakukan Ferrari, Maserati juga mencari mitra lokal untuk membangun jaringan pemasaran. Tidak dijelaskan apakah menggandeng India Shreyans Group yang sekarang ini memasarkan produk-produk Ferrari. Dan dua merek asal Italia yang dikuasai kelompok industri Fiat SpA ini akan bersaing sama Volkswagen AG dan Bugatti, Lamborghini dan Nissan (GT-R).

Tingginya peminat mobil-mobil premium di India dikarenakan ekspansi yang cepat dalam ekonomi, sehingga banyak “melahirkan” jutawan dan meliarder. Tak heran, seperti Daimler AG, BMW AG, Audi AG, Bentley dan Jaguar berani memasarkan mobil mewahnya.

Sebagai informasi, Daimler tahun lalu berhasil menjual 5.819 unit, naik 80 persen dari tahun sebelumnya. BMW juga iktu menikmati pasar subur kelas premium yang berhasil melego 6.246 unit (naik 73 persen).

Untuk langkah awal, Maserati memulai dagangannya di Mumbai (tahun ini) dan tambah satu lagi tahun depan di New Delhi. “Kami berencana untuk hadir di tujuh kota besar di India pada 2015. Ada pun ketiga model Maserati itu Quarttoporte, Gran Turismo dan GranCabrio./kompas.com

Sumber :
Dow Jones

Mobil “Kinclong” Gaya Jutawan Inggris

Posted: 07 Apr 2011 01:59 PM PDT

Mobil jutawan Inggris di cat krom/www.indiancarsbikes.in

 

LONDON, KOMPAS.com — Kalau di Indonesia, Inong Malinda yang merupakan tersangka penggelapan uang nasabah Citibank Indonesia gemar mengoleksi Ferrari F430 dan California atau Hummer H-3 untuk menunjukkan status sosialnya. Cara itu beda dengan yang dilakukan Theo Paphitis.

Jutawan asal Inggris tersebut memiliki Maybach 62s dengan seluruh permukaan bodi ekstra mengilap karena dilaburi cat krom. Kemudian, sedan premium ini sengaja dipakirnya di pinggir jalan Regent, London, untuk menarik pandangan orang.

Harga satu Maybach 62s milik Theo mencapai 830.000 pound (Rp 11,7 miliar). Namun, nilai ini dipastikan naik mengingat warna orderan yang dipesan sang jutawan Inggris ini cukup spesial.

Sebagai informasi, nama Theo masuk dalam 600 nama orang terkaya di dunia. Usaha utamanya adalah bisnis di bidang alat-alat tulis dengan jaringan penjualan toko Ryman. Kekayaan yang dimiliki diperkirakan lebih dari 210 juta pound (Rp 2,9 triliun). Jadi, sekadar punya Maybach yang dicat krom bukan sesuatu yang mahal bagi Theo./kompas.com

Sumber :
autoevolution

Kerjasama Toyota dan Microsoft Mengembangkan Telematik Masa Depan

Posted: 07 Apr 2011 01:57 PM PDT

Steve Ballmer (kiri) dan Akio Toyoda (kanan) ketika menandatangani kerja sama telematik generasi mendatang/Microsoft

 

REDMON – Toyota Motor Corporation (TMC) dan Microsoft Corp. , kemarin menandatangani kesepakatan kerja strategis, yaitu membuat platform untuk telematik generasi yang akan datang. Telematik ini didesain khusus untuk TMC dengan menggunakan aplikasi berdasarkan Windows Azure.

Telematik menggabungkan teknologi telekomunikasi dan infromasi pada kendaraan; antara lain sistem kompas atau GPS, manajemen energi dan teknologi multi-medialainnya.

Bentuk kerjasama,   kedua perusahaan melakkan investasi  sekitar 12 juta dola, setara dengan Rp 105 miliar pada Toyota Media Service Co. , anak perusahaan  TMC yang fokus melayani informasi digital kepada pelanggannya.

Mobil Listrik dan Hibrida
Kedua perusahaan membantu mengembangkan dan menggunakan aplikasi telematik berbasis Windows Azure dan Microsoft SQL Azure. Aplikasi akan mulai digunakan pada  mobil listrik dan hibrida plug-in Toyota pada 2012.

Target TMC  selanjutnya adalah membuat dan mengembangkan basis telematik global pada 2015. Dengan cara ini Toyota berharap bisa memberikan layanan telamatik yang cepat, murah untuk seluruh pelanggan di seluruh dunia.

Aktivitas lain adalah kampanye mengurangi karbon dan hemat energti. Untuk itu, TMC akan melakukan pilot tes di Jepang pada program Toyota Smart Centre. Dari pusat ini bisa menghubungkan antar-individu masayarkat, mobil dan ruamh dengan target kontrol manajemen energi terpadu.

Microsoft punya sejarah lama membuat aplikasi untuk  otomotif, termaasuk sistem infotainment mobil yang dipadukan dengan Windows Embedded Automotive. Juga digunakan layanan aplikasi Bing dan aplikasi suara Microsoft Tellme  untuk konsumen Toyota.

"Pengumuman kerjasama dengan TMC merupakan contoh besar bahwa kami terus melakukan investasi pada industri otomotif. Ini adalah omitmen kami untuk memperkuat layanan kepada pelanggan," kata CEO Microsoft, Steve Ballmer sesaat setelah mengumumkan kerjasama ini.

"Kerjasama antara Microsoft dan Toyota merupakan langkah penting dalam mengembangkan mobil listrilk dana manajemen energi di masa yang akan datang   untuk konsumenToyota di seluruh dunia. Toyota terus berusaha menciptakan produk hemat energi dan  ramah lingkungan. Ini merupakan kontribusi kami kepada masyarakat," komentar  Akio Toyota Presiden TMC tentang kerjasama ini.

"Karena itulah, sangat penting mengembangkan sistem informasi canggih antara-kendaraan satu dengan lain,  dengan manusia melalui  pusat pengelola  energi pintar ini," lanjut Akio./kompas.com

Maruti “Recall” Suzuki Swift dan Splash

Posted: 07 Apr 2011 01:55 PM PDT

INDIAAUTOMOTIVE

NEW DELHI – Maruti Suzuki India Ltd (MSI) mengumumkan akan merecall 13.157 unit mobil diesel, produksi 13 November sampai 4 Desember 2010 untuk diperiksa baut pada connecting rod. “Jika baut tersebut ditemukan cacat, perusahaan akan mengganti komponen tersebut bebas biaya,” ungkap MSI.

Dari jumlah tersebut, 4.505 unit Swift Dzire, swift hatchback 6.841 unit, dan Ritz 1.811 unit (kalau di Indonesia Suzuki Splash). Ketiga model ini tidak termasuk yang dieskpor.

Penarikan untuk perbaikan ini untuk kedua kalinya dalam 14 bulan oleh pembuat mobil terbesar di negeri sari dengan penjualannya. Recall pertama terjadi Februari 2010 berjumlah 100.000 unit terhadap model A-Star untuk menggantikan komponen pada tangki bahan bakar.

Maruti yang bergabung dengan Honda Siel Cars India Ltd, pada Fabruari 2010 juga merecall 57.853 unit sedan City, produksi November 2008 sampai desember 2009, untuk mengganti komponen yang rusak./kompas.com

Sumber :
Dow Jones

Mercedes-Benz A-Class Buang Kesan “Boxy”

Posted: 07 Apr 2011 01:54 PM PDT

Konsep A, generasi penerus Mercedes-Benz A-Class/Mercedes-Benz

 

NEW YORK - Mercedes-Benz AG menabuh genderang perang terhadap dua pesaingnya BMW dan Audi. Dengan mengandalkan konsep A yang bakal menjadi generasi terbaru A-Class, Mercedes siap bersaing di segmen premium dengan BMW Seri 1 dan Audi A3 (Audi). Mobil ini memulai debutnya di ajang New York Auto Show yang bergulir 22 April – 1 Mei 2011

Tampilan luar A-Class generasi terbaru ini sangat beda dengan model sebelumnya yang begitu menonjol kesan boxy. Lekuk desain bodi terlihat lebih seksi mirip F800 Style Concept yang pernah muncul tahun lalu.

Dari informasi yang dikumpulkan, Mercedes-Benz bakal membekali A-Class dengan mesin empat silinder turbo berkapasitas 2.0 liter yang mampu menyemburkan tenaga 210 hp dan torsi 229 lb-ft. Mesin ini juga digunakan pada Mercedes-Benz C250 dan dikawinkan dengan sistem transmisi kopling ganda. Tapi Mercy masih menutup rapat berapa tingkatan percepatan yang ditawarkan nanti.

Mercy akan melepas A-Class dalam beberapa varian termasuk hachback, sedan, baby crossover dan versi tunning AMG yang lebih bertenaga sampai 300 hp. Serunnya lagi, PT Mercedes-Benz Indonesia pernah menyatakan rencananya memasarkan model ini ke Indonesia.

Sumber :
cartech

Mercedes-Benz

Mercedes-Benz

Produksi Honda di Inggris Terganggu

Posted: 07 Apr 2011 01:51 PM PDT

Pusat produksi Honda di Inggris/www.inautonews.com

 

LONDON - Tak berbeda jauh dengan situasi di Indonesia, dimana Honda Prospect Motor menyatakan mengurangi produksinya di pabrik, hal serupa dilakukan Honda Motor Company (HMC) di Inggris. Mereka juga mengurangi sementara fasilitas produksinya di Swindon, sebelah selatan Inggris mulai pekan depan (11 April 2011) akibat tak ada pasokan komponen dari Jepang karena bencana alam.

Kondisi ini mengakibatkan suplai ke pasar untuk tiga model utama Civic, CR-V dan Jazz tersendat lantaran kapasitas produksi 638 unit per hari. “Kami mengambil keputusan untuk mengurangi volume produksi di pabrik Honda Inggris dan tetap menjaga aktivitas manufaktur, sehingga mengurangi dampak ke pelanggan, dealer dan mitra kerja Honda di Inggris,” ujar Ken Keir, Executive Vice President Honda Motor Europe, seperti dilansir autonews, kemarin (6/4).

Honda melego 23.304 unit mobil baru di Eropa dalam dua bulan pertama tahun ini, turun dibandingkan periode yang sama tahun lalu 26.074 unit. Dengan jumlah jualan ini, Honda menggenggam 1,1 persen pangsa pasar yang juga turun dari 1,3 persen pada tahun sebelumnya.

Prinsipal Honda menyatakan mulai memproduksi kembali 4 April secara bertahap dan berharap pada 11 April seluruh jaringan produksinya di Jepang sudah efektif bekerja. Honda Inggris berjanji, begitu pasokan komponen mulai stabil dan kapasitas produksi penuh kembali dicapai, akan segera menyiapkan jadwal produksi untuk memenuhi permintaan konsumen di Eropa./kompas.com

Sumber :
autonews

Dukungan Jangka Panjang untuk “Start Up” Lokal

Posted: 07 Apr 2011 01:46 PM PDT

imulai.org

JAKARTA - Tidak hanya sebatas kontes dan program insidental, Microsoft Indonesia menyatakan berkomitmen akan melakukan program jangka panjang untuk mengembangkan start up lokal Indonesia. Hal ini disampaikan Irvin Hutagalung, ISV and Enterrepreneurship Program Manager Developer and Platform Group Microsoft Indonesia saat ditemui di acara pengumuman pemenang iMulai 3.0 di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (6/4/2011).

Menurut Irvin, iMulai adalah salah satu program Microsoft Indonesia dalam mendukung start up lokal. Sebelumnya Microsoft Indonesia telah membuat program Bizpark bagi perusahaan TI pemula sejak tahun 2007 dengan memberikan pendampingan enterpreneurship.

“Dari program-program Microsoft ini kami memiliki target bahwa ke depan, Indonesia tidak hanya menjadi konsumen tapi juga produsen,”jelas Irvin.

iMulai sendiri, adalah sebuah kompetisi Inovasi Bisnis Berbasis TIK yang diselenggarakan oleh Microsoft Indonesia dan USAID sejak tahun 2007. Program ini merupakan bagian dari komitmen antara Microsoft Indonesia dan USAID untuk mendukung perkembangan Indonesia menuju ekonomi yang berbasis pengetahuan. melalui partisipasi dalam kompetisi ini, pemenang tidak hanya akan mendapatkan kesempatan untuk mewujudkan gagasannya menjadi kenyataan, tetapi juga berkesempatan untuk bergabung dengan komunitas bisnis secara umum.

iMulai 3.0 adalah program lanjutan dari iMulai 1.0 di tahun 2007 dan IMulai 2.0 di tahun 2008. Tahun ini, partisipan mendaftarkan diri di www.imulai.org mulai 25 Januari hingga 20 Maret 2011. Proses seleksi pertama adalah untuk memilih 50 proposal terbaik yang akan ditinjau dari sesi penjurian dan selanjutnya telah diseleksi menjadi 15 pemenang. Selain hadiah dalam bentuk materi, juga diberikan workshop dan pendekatan dengan investor.

“Kami yakin start up Indonesia akan berkembang pesat. Sekarang bagaimana caranya agar investor baik dari internasional maupun lokal mau melirik start up kita? Di sinilah Microsoft mencoba membantu mempertemukan mereka dengan para investor tersebut,” jawab Irvin saat ditanya tentang rencana Microsoft mempertemukan para pemenang iMulai 3.0 dengan investor./kompas.com

Inilah 15 Pemenang iMulai 3.0

Posted: 07 Apr 2011 01:44 PM PDT

Para Pemenang IMulai 3.0 bersama Ketua Microsoft Indonesia, perwakilan USAID, dan panitia IMulai dalam Acara Pengumuman Pemenang Kompetisi Inovasi Bisnis Berbasis ICT IMulai 3.0 di Balai Sarbini, Jakarta, Rabu (6/4/2011)/C12-11

JAKARTA – Program tahunan iMulai (kependekan dari ‘Indonesia Mulai’), kompetisi inovasi Bisnis Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi persembahan Microsoft Indonesia dan USAID, mengumumkan 15 pemenang hasil kontes di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (6/4/2011).

Sebelum kompetisi dimulai, iMulai telah mengadakan workshop di 7 kota, di antaranya Jakarta, Denpasar, Medan, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar. Lalu pendaftaran Kompetisi dimulai sejak tanggal 29 Januari hingga 12 Maret 2011. Pengumpulan proposal ditutup hingga 20 Maret 2011. Dan hari ini, tanggal 6 April 2011, diumumkan 50 besar proposal terbaik dimana pada puncak acaranya, panitia mengumumkan 15 proposal pemenang.

Menurut Andy L. Sirait, Ketua Panitia Kompetisi, tim juri yang berasal dari berbagai latar belakang profesi dan keahlian yaitu dari kalangan wirausaha, investor, analis bisnis, ahli TIK serta perwakilan dari USAID dan Microsoft Indonesia, menentukan pemenang berdasarkan 3 hal. Pertama, inovasi teknologi. Adalah penilaian tentang sejauh mana peserta dapat melakukan inovasi dalam teknologi itu sendiri. Penilaian dari level complicated. Kedua, inovasi bisnis. Adalah penilaian sejauh mana peserta dapat mengajukan inovasi bisnis dari produknya. Apakah menjual sesuatu yang baru atau menggunakan model lama. Ketiga, sustainability. Adalah proyeksi peserta untuk ke depannya seperti apa.

Sebagai contoh, proyeksi keuangan, strategi bisnis, dan lain-lain. Para pemenang berhak atas lisensi piranti lunak Microsoft senilai maksimum 250.000 dollar AS. Para pemenang juga berkesempatan untuk berpartisipasi dalam Start-Up Bootcamp yang berlangsung selama 3 hari. Pada 7 dan 8 April 2011 para pemenang akan mengikuti classroom session di Hotel Crown Plaza Jakarta. Classroom berisi workshop tentang proyeksi finansial, skenario bisnis, presentasi, sebagai pembekalan untuk para pemenang.

Sedangkan tanggal 9 April 2011 para pemenag akan menjalani pitching session di kantor Microsoft Indonesia. Dalam kesempatan ini para pemenang akan berkesempatan melakukan presentasi kepada para investor, diantaranya 1 VC level Global, 4 VC dari Asia Pasifik, 1 VC dari Indonesia, 1 Angel Investor dari eropa dan 2 Angel Investor dari Indonesia.

Lima belas pemenang kompetisi tersebut yakni :

  1. Proposal NyanyiYuk (Bandung)
  2. Proposal NgaturDuit.com (Jakarta)
  3. Proposal Movreak (Bandung)
  4. Proposal RBT Ads Network (Surabaya)
  5. Proposal MediHaste – Quick Lab Result (Surabaya)
  6. Proposal Football Saga (Bandung)
  7. Proposal VirtuTrade (Jakarta)
  8. Proposal Primagamaplus.com (Jakarta)
  9. Proposal Ngomik (Bandung)
  10. Proposal Rockto.com – Social Recommendation Site (Jakarta)
  11. Proposal ProHukum (Depok)
  12. Proposal SendokGarpu (Jakarta)
  13. Proposal VeriShop – Verifikator Online Business (Jakarta)
  14. Proposal Inkuiri.com – Mesin Pencari Produk Indonesia (Yogyakarta)
  15. Proposal NoLimit (Bandung)

 

/kompas.com

Dengan Flickr, Astronom Ungkap Orbit Komet

Posted: 07 Apr 2011 01:42 PM PDT

ASTRO.PRINCETON.EDU
Dua astronom profesional menemukan orbit komet menggunakan foto-foto yang diunggah pengamat amatir ke internet.Dengan menggunakan mesin pencari internet Yahoo, Dustin Lang dari Princeton University dan David Hogg dari Max-Planck-Institut fur Astronomie di Jerman menemukan 2.476 foto unik komet 17P/Holmes. Komet Holmes merupakan obyek paling terang di sistem tata surya dan menarik para astronografer di seluruh dunia.

Lang dan Hogg memasukkan foto mereka ke Astrometry.net yang kemudian mengenali gambar langit dan mengukur pola bintang. Setiap foto memiliki informasi pengambilan. Ketika beberapa foto disatukan, kedua astronom dapat melihat jalur komet di langit. Lang dan Hogg kemudian membandingkan data orbit mereka dengan informasi dari Jet Propulsion Laboratory. Hasilnya, cocok.

Saat ini para astronom sedang mencoba melacak jalur komet lain, Komet Hyakatuke. Mereka berhasil mendapatkan sekitar 3.500 foto Orion Nebula di Flickr saja. Temuan ini menunjukkan kalau penelitian untuk sains bisa dilakukan dengan menggali foto-foto di internet.

“Mungkinkah membuat survei angkasa dengan gambar-gambar itu? Jawabnya ‘ya’,” kata Lang. (National Geographic Indonesia/Alex Pangestu)/kompas.com

Sony Pastikan Rilis Tablet Android Tahun Ini

Posted: 07 Apr 2011 01:41 PM PDT

Sir Howard Stringer/AP PHOTO

TOKYO - Raksasa elektronika dari Jepang, Sony pastikan akan merilis tablet pertamanya dengan platform Android Honeycomb tahun ini. Demikian dikatakan chairman dan CEO (chief executive officer) Sony Sir Howard Stringer.

Seperti dilansir suratkabar Nikkei, Selasa (5/3/2011) kemarin, Stringer mengatakan perangkat tersebut akan tersedia di pasar pada akhir musim panas. Namun, ia tidak mengungkap lebih lanjut spesifikasi tablet buatan Sony.

Sebelumnya, Sony dikabarkan tengah menyipakan dua jenis perangkat tablet dengan mengusung merek PlayStation. Masing-masing tipe S1 yang standar dan tipe S2 yang bisa dilipat seperti iPad 2 dengan smart cover-nya.

Belum ada kejelasan apakah tablet buatan Sony akan menjadi bagian portofolio PlayStation atau Vaio, yang sudah cukup kuat menjadi merek notebook Sony. Sony Ericsson yang setengah sahamnya dikuasai Sony sejauh ini juga masih fokus di smartphone dan belum ada kabar masuk ke bisnis tablet./kompas.com

Sumber :
telegraph.co.uk

Twitter Sementara Matikan Trending Topics

Posted: 07 Apr 2011 01:40 PM PDT

TWITTER

MOUNTAIN VIEW — Layanan microblogging Twitter mengalami sejumlah gangguan secara berturut-turut di situsnya, Rabu (6/5/2011), ini. Gangguan itu ada pada aliran timeline di home, masalah pada tampilan yang baru di situs, dan daftar Trending Topics.

“Twitter.com mengalami gangguan menampilkan timeline di home,” demikian informasi yang di-posting Twitter di situsnya. Namun, masalah tersebut telah berhasil diatasi pada pukul 07.19 tadi pagi.

Masalah kedua terjadi pada tampilan di situs. Sejumlah pengguna yang tadi pagi sempat mengakses Twitter di situs terpaksa harus menggunakan tampilan versi lama alias retro karena Twitter sengaja mematikannya. Bahkan, sebagian pengguna tak dapat mengaksesnya sama sekali. Namun, hal tersebut tidak berlangsung lama dan telah diatasi.

“Berkait dengan tampilan lama, kami untuk sementara mematikan Trending,” tulis Twitter. Sampai berita ini ditulis sekitar pukul 10.45 atau 5 jam sejak dimatikan, tampilan Twitter di situs memang telah kembali, tetapi daftar Trending Topics kosong.

Menurut kabar yang dilansir Reuters dari sumber yang dipercaya, hal tersebut disebabkan masalah pada pusat data Twitter di Utah. Pusat data tersebut memang dinilai sudah tidak sanggup mengantisipasi lonjakan traffic di layanan microblogging tersebut.

Bulan lalu, Twitter mengumumkan akan segera memindahkan pusat data utamanya ke lokasi lain yang lebih layak. Kabarnya lokasi baru pusat data dibangun di Sacramento, California./kompas.com

Sony PlayStation Portable NGP Tertunda

Posted: 07 Apr 2011 01:38 PM PDT

Sony PSP NGP/SONY
Sony Corp. menunda peluncuran PlayStation terbarunya, setelah gempa dan tsunami meluluhlantakkan Jepang bulan lalu. Meski begitu, PlayStation Portable NGP itu akan mulai dijual pada akhir musim liburan akhir tahun di salah satu negara.Bencana yang mengganggu produksi ini memaksa Sony untuk mempertimbangkan peluncuran PlayStation versi teranyar ini hanya pada satu wilayah geografis, seperti Asia, Eropa, atau Amerika Serikat. “Penundaan mungkan akan memberi lebih banyak waktu pada pengembang game di daerah-daerah tertentu untuk menyelesaikan perangkat lunak mereka,” ujar Jack Tretton, Presiden dan CEO Sony Entertainment Amerika Serikat.

Januari lalu, Kazuo Hirai, Executive Deputy President Sony mengatakan, NGP akan memberikan kekuatan baru. Model terbaru ini memiliki layar 5 inch (12,7 cm) yang memancarkan cahaya organik dioda atau OLED dan akan menawarkan aplikasi yang berbeda di tiap-tiap daerah. Selain itu, NGP memiliki kamera depan dan belakang serta multi sensor sentuh di bagian belakang. Sony juga mengembangkan format memori khusus untuk NGP.(Kontan/J. Ani Kristanti)/kompas.com

SLB Juga “Ngotot” Menyiapkan UN

Posted: 07 Apr 2011 12:24 PM PDT

Ilustrasi: Sebagai langkah persiapan menghadapi UN, SLBN 1 juga merancang program kegiatan yang tak ubahnya di sekolah umum, yaitu, try out, pendalaman materi, dan sosialisasi UN bagi siswa dan guru./IMAN SURYANTO/KOMPAS IMAGES

 

JAKARTA - Berbekal semangat dan tanggung jawab, sekolah luar biasa (SLB) juga tak mau ketinggalan mempersiapkan Ujian Nasional (UN). Mereka juga ingin bersaing dengan peserta didik lain di sekolah umum.

SLB Santi Rama di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan, misalnya, juga menerapkan berbagai program seperti pendalaman materi dan try out. Target mereka juga tinggi tinggi, yaitu lulus seratus persen.

“Tahun kemarin siswa kami lulus juga seratus persen. Target kami, semoga tahun ini juga begitu,” kata Sekretaris Panitia UN dan Ujian Akhir Sekolah (UAS), SLB Santi Rama, L Abdul Chalik Midin, Kamis (7/4/2011), di Jakarta.

Ditemui secara terpisah, seorang guru di SLB Pembina Jakarta, Ngatijo, juga mengungkapkan hal serupa. Walaupun terkendala berbagai hal, dirinya merasa bertanggung jawab untuk tetap menggelar UN.

“Kendala pasti banyak, tapi ini tanggung jawab kami. Mengurus dua murid dengan 40 murid itu buat saya sama saja,” kata Ngatijo.

Sementara Maryoto, salah seorang guru di SLBN 1 Jakarta juga tidak merasakan kendala berarti dalam menyelenggarakan UN tahun ini. Ia menganggap, UN adalah agenda rutin setiap tahun dan harus dihadapi.

“Tidak ada kendala berarti, karena setiap tahun sudah terbiasa menyelenggarakannya,” ujar Maryoto.

Sebagai langkah persiapan menghadapi UN, SLBN 1 juga merancang program kegiatan yang tak ubahnya di sekolah umum, yaitu, try out, pendalaman materi, dan  sosialisasi UN bagi siswa dan guru./kompas.com

Kritik PTN terhadap UN Sah-sah Saja

Posted: 07 Apr 2011 12:21 PM PDT

DHONI SETIAWAN/KOMPAS IMAGES Ilustrasi

 

JAKARTA — Komisi X DPR RI menilai, kritik tajam para rektor perguruan tinggi negeri terhadap kredibilitas hasil ujian nasional yang belum dapat dijadikan parameter masuk perguruan tinggi negeri adalah wajar. Perguruan tinggi negeri (PTN) punya parameter sendiri dalam mencetak lulusannya, sementara ujian nasional memang masih perlu perbaikan untuk dilihat lagi tahun ini.

“Sah saja PTN berpendapat demikian. Mereka ingin punya ujian sendiri untuk menyeleksi mahasiswanya. Ujian nasional (UN) sedang berproses mencapai satu standar yang benar-benar pas sehingga nantinya PTN juga tidak bisa kaku lagi seperti itu. Kritik PTN itu lebih pada content UN. Itu harus diterima dan diperbaiki,” ujar Utut Adianto, anggota Komisi X DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, dalam diskusi seminar “Mengupas UN & Formula Terbaru Kelulusan” yang diselenggarakan harian Warta Kota di Ballroom Gedung Kompas Gramedia, Jakarta, Kamis (7/4/2011).

Utut menambahkan, UN tahun ini tetap diselenggarakan karena perlu dan wajib. Ukuran naik kelas atau lulus tes tetap harus melalui ujian yang saat ini sebetulnya semakin longgar.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taufik Yudi Mulyanto, yang juga hadir sebagai pembicara, mengatakan bahwa tidak dimungkiri masih adanya penghalang antara pendidikan tinggi dan pendidikan menengah. Kebutuhan keduanya masih belum bertemu di satu titik yang tepat.

“Belum ada benang merah antara kebutuhan PTN dan output dari lulusan pendidikan menengah melalui UN. Tes masuk PTN lebih fokus ke arah kriteria teknis, sementara UN masih umum karena memang itulah pembelajaran mereka di jenjang dikmen (pendidikan menengah),” ujar Taufik.

Diberitakan sebelumnya, Rabu (6/4/2011), sejumlah program studi di PTN membutuhkan kompetensi khusus bagi calon mahasiswanya sehingga nilai UN tetap tidak bisa dijadikan parameter masuk PTN. Sejumlah rektor PTN menolak nilai UN dijadikan parameter masuk PTN karena dinilai masih banyak masalah dalam penyelenggaraannya.

Pembantu Rektor I Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof Sofyan Salam mencontohkan, Fakultas Ilmu Keolahragaan UNM memberlakukan tes fisik dan wawancara selain tes tertulis untuk para calon mahasiswa. Sementara itu, kenyataannya, kompetensi dalam ilmu keolahragaan selama ini tidak diuji dalam UN.

Fakultas Seni dan Desain juga menerapkan ujian keterampilan dan seni bagi para pelamar. Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya Priyo Suprobo juga mengatakan, saat ini masih sulit menjadikan nilai atau hasil UN sebagai paramater.

“Pertama, ya itu tadi, belum dilaksanakan saja sudah bocor duluan. Saya dan kita tentu masih ingat ucapan Ketua Majelis Rektor PTN tahun lalu bahwa PTN akan melihat hasil UN tahun 2011. Kalau kredibel, akan kita pertimbangkan sebagai parameter. Nyatanya kan tidak,” ujar Priyo./kompas.com

Menhut Cabut Izin Prinsip 3 Juta Hektar

Posted: 07 Apr 2011 12:16 PM PDT

KOMPAS/IRMA TAMBUNAN

JAKARTA — Pemerintah mencabut izin prinsip pencadangan kawasan hutan seluas 3 juta hektar untuk 251 investor perkebunan kelapa sawit. Pemerintah akan mengalihkan lahan tersebut untuk investor yang serius.

Pencabutan izin prinsip ini otomatis menggugurkan hak penguasaan kawasan hutan seluas 3 juta hektar. “Kalau sudah diberi izin prinsip tetapi tidak juga dipakai, ya kami cabut saja. Lebih baik lahan itu diberikan kepada investor lain yang mampu dan serius menanamkan modal,” kata Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, Kamis (7/4/2011) di Jakarta.

Sebelum Undang-Undang Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan terbit, Menhut menerbitkan izin prinsip langsung kepada pemohon dan tidak mencantumkan tenggat penggunaan. Saat ini, Menhut menyetujui penerbitan izin prinsip pencadangan kawasan hutan kepada Direktur Jenderal Planologi Kemhut yang lalu menyurati ke perusahaan yang harus melaksanakan rencana investasi dalam lima tahun.

Pemerintah ingin mengoptimalkan penggunaan lahan-lahan yang sudah dicadangkan. Kemhut mengarahkan investasi perkebunan tebu di lahan yang sesuai untuk mendukung program swasembada gula.

Direktur Jenderal Planologi Bambang Soepijanto menjelaskan, pemerintah akan memperlakukan investor lama dengan adil. Pengusaha yang mengklaim sudah bekerja akan diminta melaporkan kemajuan investasi mereka kepada Kemhut.

“Barangkali mereka sudah membuat tata batas dan sebagainya, kami tetap menghargai dan memberi solusi. Pemerintah sekarang mendorong pemilik modal untuk berinvestasi dengan ruang yang ada sehingga kami tidak bisa membiarkan ada lahan yang ditelantarkan dalam waktu lama,” kata Bambang./kompas.com

Dipasarkan, Tahu-Tempe Ramah Lingkungan

Posted: 07 Apr 2011 12:14 PM PDT

Tempe

BOGOR — Tahu dan tempe berlabel higienis dan ramah lingkungan segera beredar di pasaran Jakarta dan sekitarnya. Adalah Primkopti, dibantu Mercy Corps Indonesia, yang akan memperkenalkan tahu dan tempe tersebut pada 12 April mendatang.

Bersamaan dengan itu, dilaksanakan juga kegiatan diskusi terbuka bertema “Peran Serta Primkopti dan Aplikasi Pola Pelayanan Satu Atap sebagai Strategi Menjawab Tantangan Perbaikan Produksi Tahu Tempe”. Saat ini diperkirakan industri rumahan tahu dan tempe menghasilkan pendapatan Rp 700 miliar per tahun atau 78 juta dollar AS per tahun.

Fitria Rinawati, koordinator komunikasi Mercy Corps Indonesia, menjelaskan, produk tahu dan tempe bermerek saat ini sudah ada di pasaran. Namun, belum bisa dipastikan apakah tahu dan tempe itu sudah diproses secara higienis dan ramah lingkungan.

“Kami berencana akan memperkenalkan kepada masyarakat tahu dan tempe yang diproduksinya higienis dan ramah lingkungan pada 12 April mendatang di kantor Primkopti di Jakarta Selatan,” kata Fitria yang dihubungi per telepon, Kamis (7/4/2011) petang.

Ia menjelaskan, yang dimaksud higienis adalah tahu dan tempe tersebut pembuatanya melalui proses yang higienis, sesuai dengan kaidah kesehatan dan keamanan untuk konsumen, mulai dari pemilihan bahan baku, kacang kedelai, sampai proses pembukusan tahu dan tempenya. Sebagai contoh, dipastikan perajin tempe dan tahu yang produknya diberi merek dan direkomendasi Primkopti tersebut sudah tidak menggunakan lagi drum-drum bekas oli untuk merebus kedelainya. Selain tidak higienis, penggunaan drum bekas oli itu juga cepat rusak karena mudah berkarat.

Sedangkan yang dimaksud ramah lingkungan, lanjutnya, antara lain perajinnya tidak lagi menggunakan kayu sebagai bahan bakar dalam merebus kacang kedelainya, melainkan menggunakan gas. “Berdasarkan hitung-hitungannya, terbukti juga menggunakan gas, biaya produksinya menjadi lebih murah dibanding kalau perajin itu mengunakan kayu atau batang pohon,” kata Fitria.

Ramah lingkungan lainnya, limbah bekas proses pembuatan tahu tidak lagi dibuang ke saluran air atau ditumpuk begitu sehingga menimbulkan pencemaran lingkungan atau udara. Limbah bekas proses pembuatan tahu itu diubah menjadi biogas, yang digunakan kembali untuk proses perebusan atau pemasakan kedelai.

“Mungkin karena kapasitas produksinya masih kecil, limbahnya tidak cukup menghasilkan biogas yang dapat digunakan kegiatan usahanya. Tetapi paling tidak, biogas itu dapat digunakan untuk keperluan memasak sehari-hari keluarga perajin tersebut,” jelas Fitria.

Adapun Mercy Corps Indonesia melakukan intervensi pada masalah tahu dan tempe karena melihat hampir seluruh perajin tahu dan tempe, khususnya di Jakarta, belum higienis dalam memproduksi pangan yang dikonsumsi secara luas di Indonesia. Tahu dan tempe pun mengandung tinggi nutrisi dan protein, harga murah, dan enak rasanya.

“Pada saat yang sama, tahu dan tempe telah menjadi rantai ekonomis yang menjadi kunci bagi perekonomian lokal, sebagai sumber pengahasilan dari 85.000 perajin dengan 285.000 pekerja (di mana 40-50 persennya adalah perempuan) dan menghasilkan pendapatan sekitar Rp 700 miliar per tahun atau 78 juta dollar AS per tahun,” tutur Fitria.

Mercy Corps adalah organisasi yang memfokuskan membantu di tempat-tempat sulit di dunia dengan meringankan penderitaan, kemiskinan, dan tekanan dengan mengubah krisis menjadi kesempatan membangun masyarakat yang aman, produktif, dan adil. Kantor pusatnya ada di Portland, Amerika Serikat, dan Edinburgh, Inggris, dengan kantor perwakilan ada di 40 negara, termasuk di Indonesia, tepatnya di Pancoran, Jakarta Selatan./kompas.com

PT NNT Tetap Beroperasi

Posted: 07 Apr 2011 12:12 PM PDT

PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) di Sumbawa Barat, NTB./DOK PT NNT

 

JAKARTA – PT Newmont Nusa Tenggara (Persero) mengumumkan, Kamis (7/4/2011), tetap beroperasi meski terjadi aksi pemblokiran di gerbang perseroan itu, sehingga menghambat akses masuk kendaraan perusahaan dan karyawan. Kegiatan produksi di tambang dan pabrik pengolahan tetap berjalan.

“Hampir 7.000 karyawan dan kontraktor di Batu Hijau tetap bersatu. Sebab, kami yakin, sebagai kontraktor Pemerintah Indonesia, PT NNT memiliki hak yang dilindungi hukum untuk mengoperasikan tambang Batu Hijau secara aman dan bertanggung jawab,” kata David Lilley, General Manager Operasi PT NNT, dalam siaran persnya.

“Tindakan yang menghalangi kami dalam menjalankan mandat yang tertuang dalam Perjanjian Kontrak Karya hanya akan menghambat kami dalam menciptakan dan memberi manfaat kepada ribuan pemangku kepentingan tambang,” ujarnya.

Kami terus berkoordinasi dengan instansi terkait untuk mencegah gangguan terhadap operasi kita, sehingga karyawan dan kontraktor, masyarakat setempat yang terus mendukung kita dan semua pihak yang secara tidak langsung menerima manfaat dari operasi kita, tidak terkena dampak dari tindakan tergesa-gesa dan tidak sah ini,” lanjutnya.

Aksi pemblokiran dilakukan sekitar 300 orang dengan menutup jalan pukul 05.00-16.45. Menurut Manajer Humas PT NNT Kasan Mulyono, tindakan itu merupakan bagian dari upaya untuk mendapat 7 persen saham yang ditawarkan pemegang saham asing PT NNT kepada pemerintah pusat untuk dibeli sesuai ketentuan kontrak karya.

Perselisihan antara Pemda Kabupaten Sumbawa Barat atau KSB dan pemerintah pusat muncul terkait siapa yang berhak membeli saham yang ditawarkan tersebut. Sesuai Kontrak Karya, PT NNT diwajibkan untuk menawarkan saham kepada Pemerintah Pusat, yang selanjutnya akan diputuskan pemerintah pusat terkait perusahaan Indonesia mana yang akan membeli saham yang ditawarkan./kompas.com

Jasa Penagih Harus dari Internal Bank

Posted: 07 Apr 2011 12:11 PM PDT

Reuters ilustrasi

 

JAKARTA — Pimpinan Komisi XI, Emir Moeis, mengharapkan, jasa penagih tidak lagi outsourcing atau dari sumber pendukung. Hal ini merupakan salah satu rekomendasi dalam kesimpulan setelah rapat dua hari berturut-turut kemarin.

“Permintaannya ke depan, debt collector itu tidak di-outsourcing lagi, tapi merupakan bagian yang ada di dalam perusahaan itu. Jadi, tanggung jawabnya jelas,” sebut Emir seusai Rapat Internal Komisi XI membahas kasus Citibank, Kamis (7/4/2011) di DPR.

Dengan demikian, Emir menyatakan bahwa surat edaran BI yang mengatur jasa penagihan harus diubah. Ia pun berharap BI bisa melakukan hal tersebut sesegera mungkin. Kepada BI, Komisi XI juga berharap, pengawasan BI terhadap private banking lebih ketat lagi.

Ketika ditanyakan mengenai bentuk sanksi yang akan dijatuhkan kepada Citibank, Emir menjawab, hal itu merupakan kewenangan BI. “Jadi, kami minta tindakan sanksi yang paling tegas, sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku,” sebutnya.

Adapun untuk kasus penyelewengan dana oleh MD yang melibatkan 236 rekening nasabah, ia menjelaskan bahwa hal itu masih dipelajari dengan melihat kronologi yang akan melibatkan PPATK, BPK, KPK, dan kepolisian. Sejumlah institusi ini dilibatkan karena ada dugaan bahwa kasus tersebut bukan hanya kejahatan individu, melainkan sekaligus dugaan pencucian uang. Hal ini juga mengingat bahwa hanya 3 dari 236 nasabah yang melapor ke kepolisian./kompas.com

DPR: Perlu Aturan Khusus “Debt Collector”

Posted: 07 Apr 2011 12:09 PM PDT

Ilustrasi

 

JAKARTA — Wakil Ketua Komisi XI DPR Surahman Hidayat mengungkapkan, diperlukan peraturan khusus yang mengatur tentang debt collector atau penagih hutang dalam Undang-Undang Perbankan. Pemanfaatan debt collector oleh bank harus diatur lebih spesifik sehingga perlindungan terhadap nasabah lebih terjamin.

“Kami akan rekomendasikan. Kami akan ke BI, akan di-upgrade (diperbaharui), diperkuat, peraturan yang lebih khusus tentang debt collecting,” ujar Surahman ketika ditemui di ruangannya di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (7/4/2011).

Hal tersebut disampaikan Surahman menanggapi kasus tewasnya seorang nasabah Citibank, Irzen Octa, yang juga Sekretaris Jenderal Partai Pemersatu Bangsa. Irzen tewas di kantor Citibank di Menara Jamsostek diduga setelah para penagih utang mempertanyakan jumlah tagihan kreditnya yang membengkak.

Menurut Surahman, peran penagih utang memang dibutuhkan dalam bisnis perbankan. Namun, ulah penagih utang yang cenderung menggunakan kekerasan saat menagih utang itu perlu ditertibkan.

“Ulahnya meresahkan,” katanya.

Terkait ulah penagih utang Citibank, DPR telah menggelar rapat dengar pendapat yang menghadirkan pihak Citibank, Bank Indonesia, dan Kepolisian. Dari rapat tersebut, DPR menyimpulkan bahwa Citibank melakukan pelanggaran fatal, baik dari segi kepatuhan perbankan maupun pidana.

Selanjutnya, DPR meminta agar BI selaku pengawas perbankan dan kepolisian menjatuhkan sanksi maksimal bagi Citibank. Menurut Surahman, sanksi maksimal diperlukan untuk menjadi terapi kejut sekaligus menimbulkan efek jera.

“Kalau nanti ada bank lain yang mulai miring, akan kembali tegak, kembali ajeg. Kalau runtuh, ujung-ujungnya perekonomian kita juga yang runtuh,” ujar Ketua Dewan Syariah PKS itu./kompas.com

Maruarar: BI Tidak Punya Gigi

Posted: 07 Apr 2011 12:07 PM PDT

Maruarar Sirait/KOMPAS IMAGES/DHONI SETIAWAN

 

JAKARTA — Anggota Komisi XI DPR, Maruarar Sirait, dalam rapat dengan Komisi XI menilai Bank Indonesia tidak punya gigi terkait pengakuan Citibank bahwa rotasi relationship manager berjalan lamban.

“Masa SOP  (standard operating procedure) diintersep oleh pemilik modal. Masa sih bisa dicampur tangan oleh pemilik modal yang besar. Itu sudah tidak sehat,” tutur Maruarar di DPR, Kamis (7/4/2011) kepada sejumlah wartawan.

Maruarar menilai kejadian itu pertanda BI tidak punya gigi. Tidak hanya itu, ia pun menyangsikan sejumlah pengamat yang menyebutkan pengawasan BI sudah bagus. “Beberapa pengamat bilang pengawasan BI sudah bagus? Tetapi kalau kebobolan begini, apa sudah bagus?”

Menurut dia, sistem yang bagus itu harus bisa mendeteksi dini penyelewengan yang terjadi seperti halnya kedua kasus ini. “Yang mengawasi harus lebih pintar dari yang diawasi. Masa pengawas kalah dengan yang diawasi,” tuturnya.

Maruarar juga menegaskan penolakannya terhadap penggunaan pihak ketiga sebagai penagih utang nasabah. Menurut dia, hal tersebut membuat tanggung jawab menjadi tidak jelas dan menandakan bank tidak mau terbebani dengan operasional./kompas.com

Biaya Menagih Utang di Indonesia

Posted: 07 Apr 2011 12:06 PM PDT

Reuters

Mengapa pakai jasa penagih utang? Karena biaya penagihan utang melalui jalur hukum di Indonesia amat mahal: 122,7 persen dari total tagihan, seperti terbaca dalam buku Doing Business 2011 terbitan Bank Dunia.

Besar kemungkinan itu pula alasan Citibank menggunakan jasa penagih utang karena konon lebih murah. Namun, dua minggu lalu, akibat yang tak diinginkan terjadi. Seorang nasabah Citibank meninggal dan diduga keras akibat proses penagihan oleh pihak penagih utang. Dalam Doing Business 2011 dapat dibaca dengan terang negara-negara lain yang biaya penagihan utangnya melebihi angka 100 persen dari tagihan (102,7-163,2 persen), yaitu Kamboja, Papua Niugini, Zimbabwe, Mozambik, Sierra Leone, Republik Demokratik Kongo, dan Timor Leste.

Masalah biaya penagihan utang ini, bersama aspek prosedur dan waktu tagihan, merupakan bagian dari komponen pelaksanaan kontrak, satu dari sembilan indikator untuk mengukur peringkat kemudahan berusaha di suatu negara.

Komponen lain adalah pembukaan usaha, pengurusan izin konstruksi, pendaftaran aset usaha, pemerolehan kredit, perlindungan investor, pembayaran pajak, perdagangan lintas negara, dan penutupan usaha. Untuk 2011, dari pantauan kemudahan berusaha di 183 negara, Indonesia berada pada peringkat ke-121. Posisi yang tidak bagus. Lihat Thailand, Malaysia, dan Vietnam yang masing-masing di kursi ke-19, ke-21, dan ke-78.

Kembali ke pelaksanaan kontrak, sektor peradilan adalah kunci masalah. Bank Dunia mencatat beberapa negara/wilayah yang berhasil mereformasi bidang peradilan: Kanada, Hongkong, Malawi, dan Mauritius. Dalam kaitan pengomputeran kasus gugatan, Bank Dunia menyebut Zambia dan Inggris. Yang berhasil membuat putusan pengadilan lebih efisien: Georgia. Iran disebut berhasil memperbaiki peraturan notifikasi dan pemanggilan para pihak. Yang memperkenalkan pengadilan komersial khusus: Guinea-Bissau dan Burkina Faso.

Sebetulnya pengadilan niaga sudah diperkenalkan di Indonesia setelah krisis moneter 1998 atas desakan Dana Moneter Internasional (IMF). Namun, ini khusus untuk masalah kepailitan, bukan buat utang-piutang biasa.

Satu ayam lagi

Akan tetapi, yang mengherankan dan membuat kita tak habis pikir, biaya penagihan utang yang amat tinggi itu di Indonesia sudah sejak paling kurang lima tahun lalu. Terlihat dari Doing Business tahun-tahun sebelumnya, biaya penagihan utang 2006 (126,5 persen); 2007 (126,5 persen); 2008 (122,7 persen); 2009 (122,7 persen); dan 2010 (122,7 persen). Semua dari total tagihan. Kalaupun mungkin pernah ada tanggapan otoritas kita, sepertinya tak pernah bergaung.

Baru pada Januari 2011 Kementerian Koordinator Perekonomian bersama pihak Korea Selatan mengadakan lokakarya tentang pelaksanaan kontrak ini. Pada 8 Februari, terinspirasi Doing Business 2011, ada diskusi perihal kemudahan berusaha di Indonesia. Terlepas ada-tidaknya tanggapan otoritas yang kompeten, yang jelas data Bank Dunia selama lima tahun itu tidak dibantah. Terang benderanglah betapa mahalnya biaya penagihan utang di persada ini! Jadi, seperti ungkapan yang sudah populer: untuk melapor kecurian ayam, hilang pula satu ayam lagi.

Selagi biaya penagihan utang amat tinggi, wajar saja kalau pengusaha mencari jalan keluar. Bisnis itu bagaikan air, mengalir terus dan mencari penyaluran. Kelompok penagih utang jadi solusi yang dirasa tepat sehingga digunakan oleh banyak perusahaan akhir-akhir ini karena, antara lain, lebih murah.

Peristiwa Citibank membuat kita terperenyak, tapi lebih penting dari itu semestinya kita segera mencari jawaban: bagaimana hukum dapat berperan dengan benar sejalan dengan elan pembangunan nasional dewasa ini?

Namun, ini pun mungkin tinggal sekadar pertanyaan dan hanya memperkuat kekecewaan yang pernah dikemukakan oleh tak kurang Ketua Mahkamah Agung Harifin Tumpa mengenai tiadanya prestasi pengadilan yang patut dibanggakan selama beberapa tahun terakhir ini. (A Zen Umar Purba, Dosen Pascasarjana FHUI)/kompas.com

Gambar Rumah




cinefille unik baca detik tik sidehus blog artikel aneh jual skripsi tau belum contoh skripsi si gambar